Hakim Agung Diharapkan Menjadi Agent of Change

Jakarta, 24/4/2008 (Komisi Yudisial)-Para Hakim Agung yang dihasilkan melalui rekrutmen yang dilaksanakan oleh Komisi Yudisial diharapkan menjadi sosok pembaharu (agent of change) di dalam reformasi peradilan di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Komisioner Komisi Yudisial (KY) Prof. Chatamarrasjid kepada para Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Jakarta, di Kantor Komisi Yudisial Jakarta, Rabu (23/4).

“Kita berharap Hakim Agung hasil seleksi KY itu menjadi agent of change dalam reformasi peradilan di Indonesia, karena sebelum masa jabatan Komisioner KY saat ini yang akan berakhir pada tahun 2010 nanti, mayoritas Hakim Agung di Mahkamah Agung itu nanti adalah hasil seleksi KY,”kata Chatamarrasjid.

Chatamarrasjid menambahkan, dahulu ada keinginan untuk mengganti para Hakim Agung itu dengan wacana kocok ulang, namun sekarang kebijakan itu berubah dan berharap pada 2010 dengan mayoritas Hakim Agung hasil pilihan KY mereka bisa menjadi agen perubahan dalam sistim peradilan kita, dan bisa meluruskan reformasi peradilan di Indonesia.

Namun, lanjut Korbid Pengembangan Sumber Daya Manusia KY itu, kalau para Hakim Agung hasil pilihan KY itu tidak menjadi agent of change, maka masyarakat akan berteriak bahwa hasil seleksi KY itu gagal total.

Dekan FH Untag Jakarta, Prof. Dr. Hendra Tanu Atmadja, SH., MIP., LL.M, yang mendampingi para mahasiswa menyatakan kunjungan ke Komisi Yudisial merupakan kegiatan Praktek Hukum lapangan (PHL) yang menjadi mata kuliah wajib bagi para mahasiswa.

“Kegiatan praktek hukum lapangan harus dilakukan oleh para mahasiswa tingkat terakhir sebelum mereka menulis skripsi. Jadi ini sudah masuk ke dalam kurikulum, tanpa mengikuti PHL mereka tidak bisa ujian akhir. Selain itu, juga untuk menambah wawasan para mahasiswa di bidang hukum,” ujar Hendra.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: