50 Perguruan Tinggi Unggulan

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Departemen Pendidikan Nasional merilis daftar 50 besar perguruan tinggi (PT) unggulan 2006 di Nusantara. Sebanyak 28 PT negeri (PTN) dan 22 PT swasta (PTS) tercatat di dalamnya. Kompetisi yang ketat. Itulah yang diharapkan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) terhadap perguruan tinggi (PT) baik negeri maupun swasta di tanah air. Keinginan Dikti tersebut tentu bukan tanpa alasan. Sebab, kualitas PT di Indonesia belum banyak dipercaya dunia internasional.ke 50 Perguruan Tinggi tersebut telah dibukukan dalam sebuah buku yang berjudul Directory of 50 Promising Indonesia Universities.

Dalam surat edaran yang ditujukan kepada rektor perguruan tinggi terpilih tertanggal 20 Juli 2007, disebutkan bahwa Dikti memilih 50 perguruan tinggi tersebut untuk diperkenalkan kepada masyarakat internasional. Buku tersebut juga telah diikutsertakan dalam berbagai pameran pendidikan di negara-negara maju, dikirim kepada kedutaan besar asing di Indonesia, serta dikirim juga ke Kedutaan Besar Indonesia di negara lain.

Tidak hanya itu, ke-50 perguruan tinggi ini juga menjadi perguruan tinggi prioritas untuk diikutsertakan dalam berbagai program internasional yang diselenggarakan Dikti.
Berikut daftar 50 promising indonesia universities yang diurut berdasarkan abjad (sorry buat yg udah tau):

1. Ahmad Dahlan University : http://www.uad.ac.id
2. Airlangga University : http://www.unair.ac.id
3. Atma Jaya Catholic University Jakarta : http://www.atmajaya.ac.id
4. Atma Jaya University Yogyakarta : http://www.uajy.ac.id
5. Bandung Polytechnic for Manufacturing : http://www.polman-bandung.ac.id
6. Bandung State Polytechnic : http://www.polban.ac.id
7. Bina Nusantara University : http://www.binus.ac.id
8. Bogor Agricultural University : http://www.ipb.ac.id
9. Bunda Mulia University : http://www.bundamulia.ac.id
10. Diponegoro University : http://www.undip.ac.id
11. Gadjah Mada University : http://www.ugm.ac.id
12. Indonesian Institute of the Arts, Jogja : http://www.isi.ac.id
13. Indonesian Institute of the Arts , Denpasar : http://www.isi-dps.ac.id
14. Indonesian Institute of the Arts , Surakarta : http://www.stsi-ska.ac.id
15. Institut Teknologi Bandung : http://www.itb.ac.id
16. Institute Teknologi Sepuluh November : http://www.its.ac.id
17. Jakarta Institute of the Arts, The : http://www.ikj.ac.id
18. Jember University : http://www.unej.ac.id
19. Jenderal Soedirman University : http://www.unsoed.ac.id
20. Maranatha Christian University : http://www.maranatha.edu
21. Merdeka University – Malang : http://www.unmer.ac.id
22. Muhammadiyah University of Malang : http://www.umm.ac.id
23. Muhammadiyah University of Surakarta : http://www.ums.ac.id
24. Padang State Polytechnic : http://www.polinpdg.ac.id
25. Padang State University : http://www.unp.ac.id
26. Padjadjaran University : http://www.unpad.ac.id
27. Palangkaraya University : http://www.upr.ac.id
28. Pancasila University : http://www.univpancasila.ac.id
29. Parahyangan Catholic University : http://www.unpar.ac.id
30. Pasundan University : http://www.unpar.ac.id
31. Pelita Harapan University : http://www.uph.ac.id
32. Sanata Dharma University : http://www.usd.ac.id
33. Satya Wacana Christian University : http://www.uksw.edu
34. Sebelas Maret University : http://www.uns.ac.id
35. Soegijopranata Catholic University : http://www.unika.ac.id
36. Sriwijaya University : http://www.unsri.ac.id
37. State University of Malang : http://www.malang.ac.id
38. State University of Medan : http://www.unimed.ac.id
39. Supra School of Bussiness and Computer Science : http://www.supra.ac.id
40. Tadulako University : http://www.untad.ac.id
41. Telkom School of Engineering : http://www.stttelkom.ac.id
42. Udayana University : http://www.unud.ac.id
43. University of 17 Agustus 1945 : http://www.untag-sby.ac.id
44. University of Bengkulu : http://www.unib.ac.id
45. University of Indonesia : http://www.ui.ac.id
46. University of Mataram : http://www.unram.ac.id
47. University of Surabaya : http://www.ubaya.ac.id
48. Widyagama University of Malang : http://www.widyagama.ac.id
49. Widya Mandala Catholic University Surabaya : http://www.wima.ac.id
50. Yogyakarta State University : http://www.uny.ac.id

Dari keseluruhan Korps UNTAG se Indonesia (UNTAG Jakarta, UNTAG Surabaya, UNTAG Cirebon, UNTAG Samarinda, UNTAG Semarang, UNTAG Banyuwangi) yang masuk 50 Nominasi Perguruan Tinggi Unggulan yaitu UNTAG Surabaya. mudah2an ini bs jd contoh buat UNTAG yg lain agar memperbaiki Fasilitas pendukungnya.

UNTAG jakarta kpn yah masuk 50 besar? ;)

About these ads

9 Tanggapan

  1. kalau mnrt gw untag mah msh jauh utk sampai ke 50 besar :P fasilitas2 umum belum di benahi, Lab pendukung blm memadai, mo bangun gedung baru jg ga kelar2. contoh kecil aja nih yah : toilet aernya sering mati, mo solat jd jauh deh….secara gw di Fak. ekonomi nah Masjidnya di Fak. Teknik….uuuffff tape deh…..
    Pak Rektor gmn nih?

  2. teknik sipil akreditasi c … ruang kayak sarang lpba-laba kandang kebo gitu loh

  3. yaaah, ngsihin Ijazah ja susah.. pdh hak kami lo… ya kn?? hak mahasiswa yg telah selesai, mosok gk kesian sih si Untag Jkt(Prog Pasca Ilmu Hukum)..

  4. Untag jakarta : universitas kertas buram, hari gini KHS
    pke krts buram, buat bungkus kacang aja kali.. Malu-maluin..

  5. KHS dengan kertas buram itu adalah KHS utk sementara, misalanya bagi Mahasiswa yg nilainya blm masuk semua ke BAAK, atau yg belom membayar lunas. sepengetahuan saya KHS resmi buat Mahasiswa tdk dengan kertas buram, demikian harap dijadikan maklum. segala kritik dan saran sangat kami butuhkan terimakasih

    Bravo UNTAG

  6. gua mo daftar hukum untag jakarta nich, ada syaran…, usul dll please

  7. […] 50 Perguruan Tinggi Unggulan « Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta 22 Sep 2007 … Dari keseluruhan Korps UNTAG se Indonesia (UNTAG Jakarta, UNTAG Surabaya, UNTAG Cirebon, UNTAG Samarinda, UNTAG Semarang, UNTAG Banyuwangi) … untag.wordpress.com/2007/09/22/50-world-class-university/ – 19k – Tembolok – Halaman sejenis […]

  8. […] 50 Perguruan Tinggi Unggulan « Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta 22 Sep 2007 … Dari keseluruhan Korps UNTAG se Indonesia (UNTAG Jakarta, UNTAG Surabaya, UNTAG Cirebon, UNTAG Samarinda, UNTAG Semarang, UNTAG Banyuwangi) … untag.wordpress.com/2007/09/22/50-world-class-university/ – 19k – Tembolok – Halaman sejenis […]

  9. menurut saya UNTAG Jakarta sudah bagus, sudah banyak meluluskan sarjana-sarjana. porsi yg diberikan sudah baik terhadap para mahasiswanya, dan mereka semua sudah mandiri di sektor pemerintah dan swasta.. trima-kasih untag jakarta (yasir gunawan,alumni 90 fak.hukum).

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: